Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penerapan Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman

Pupuk ialah elemen hara yang diperlukan untuk perkembangan tanaman hingga perubahan tanaman itu dapat tumbuh secara baik. Elemen hara yang terdapat dalam pupuk dapat menolong metabilosme tanaman, wujud pupuk yang ada di pasar berbentuk cairan dan padat. Pupuk yang kerap dipakai ada dua tipe yakni pupuk organik dan pupuk anorganik.

Pupuk NPK Mutiara
Pupuk organik dibuat berbahan baku alami seperti sampah organik dan kotoran binatang. Bila pupuk anorganik bahan baku untuk membuat hampir serupa dengan pupuk organik yakni ektrasi kotoran binatang dan plus tambahan elemen hara yang lain yang di perlukan tanaman.

Pupuk anorganik ada dua tipe yakni pupuk tunggal dan pupuk majemuk, pupuk tunggal yakni pupuk yang mempunyai satu tipe kandungan elemen hara dan pupuk majemuk yakni pupuk yang mempunyai beberapa macam kandungan elemen hara.

Salah satunya pupuk majemuk yang sering dipakai yakni pupuk NPK walau harga pupuk NPK ini mahal di pasar tetapi banyak di meminati petani karena kandungan elemen hara pupuk NPK gampang di serap tanaman.

Pupuk NPK adalah satu material yang berupa cairan dan padat (granul) yang mengandung elemen hara berbentuk N (Nitrogen) P (Phospat) dan K (Kalium) dan elemen hara yang lain yang di perlukan tanaman.

Tipe pupuk NPK di bedakan dari kandungan formasi yang ada pada pupuk itu seperti Pupuk NPK 16-16-16, Pupuk NPK 15-15-15 dan Pupuk NPK 12-12-12, beberapa angka yang tercantum dari tiap produk pupuk NPK itu ialah prosentase dari kandungan elemen hara yang ada pada pupuk NPK. Berikut ini adalah beberapa macam produk/merek dagang pupuk NPK yang berada di Indonesia, diantaranya ialah:

Pupuk NPK Mutiara Pak Tani 16-16-16

Pupuk NPK Mutiara Pak Tani 16-16-16 adalah produk pupuk yang di-importt dari rusia, kwalitasnya terjaga hingga dari hasil pemakaian pupuk NPK ini optimal. Hasil yang didapat dapat tingkatkan perkembangan tunas, daun lebih hijau dan tingkatkan hasil panen.

Pupuk NPK Mutiara Mahkota 16-16-16

Pupuk NPK Mutiara Mahkota 16-16-16 ialah pupuk NPK ini mempunyai kualitas yang terjaga karena berasal (Impor) dari rusia langsung. Pupuk NPK ini mempunyai keunggulan dalam tingkatkan perkembangan dan hasil tanaman, pemakaian dapat kesemua hortikultura. Pupuk NPK ini warna merah muda, dengan wujud butiran (Granul) ukuran 1-4 mm.

Pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16-16-16

Pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16-16-16 adalah produk pupuk NPK yang menyebar luas di Indonesia, produk ini benar-benar terkenal, produk NPK ini warna biru muda dan berupa butiran (Granul). Pupuk NPK ini gampang larut di air jadi pemakaiannya dapat ditebar dan di kocor.

Langkah Penerapan Pupuk NPK Mutiara Untuk  Tanaman Sayur Buah

Sebagai pupuk pada tanaman sayur buah, pupuk NPK Mutiara diterapkan dengan ditaburkan secara rata pada bedengan. Selanjutnya bedengan ditutup dengan tanah tipis, lebih kurang 3-5 cm. Atau diaduk/digabung supaya bersatu dengan tanah. Langkah ini dilaksanakan agar pupuk tidak tenggelam tersiram air hujan atau menguap saat matahri terik, hingga penggunaan pupuk dapat lebih efisien.

Langkah Penerapan Pupuk NPK Mutiara Sebagai Pupuk Tanaman Sayur Daun

Langkah pemakaian pupuk NPK Mutiara sebagai pupuk pada tanaman sayur daun sama dengan langkah penerapannya pada tanaman sayur buah. Yaitu ditaburkan pada bedengan. Jumlah pemakaian disamakan dengan tingkat kesuburan tanah atau seperti keperluan.

Langkah Penerapan Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman Umbi

Pada tanaman umbi seperti bawang merah, bawang putih, kentang, wortel dan semacamnya pemakaian pupuk npk mutiara sebagai pupuk landasan dilaksanakan dengan ditaburkan pada bedengan. Penanaman bibit dilaksanakan 10-15 hari sesudah penaburan agar pupuk bersatu lebih dulu dengan tanah dan tidak meracuni tanaman. Ini berlaku untuk semuanya tipe tanaman hortikultura.

Posting Komentar untuk "Cara Penerapan Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman"