Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Temukan Informasi Masker Kain di SehatQ.com

Masker kain menjadi sebuah produk yang saat ini sedang banyak digunakan oleh orang-orang. Ini semua karena adanya kelangkaan terhadap stok masker medis. Padahal pada musim seperti sekarang, sangat penting untuk menggunakan masker saat sedang bepergian.

Mengenai Masker Kain

Sampai saat ini belum ada penelitian yang memberikan bukti bahwa masker kain bisa melindungi penggunanya dari serangan virus-virus berbahaya. Namun, beberapa strudi membuktikan bahwa masker bedah atau medis dan masker N95 lebih efektif melakukan penyaringan debu dan virus.

masker kain

Maka dari itulah masker kain dianggap kurang efektif dalam memberikan perlindngan kepada Anda dari serangan virus berbahaya. Apalagi saat ini terdapat virus Corona yang masih menghantui seluruh dunia. Meskipun telah menyebar selama kurang lebih setahun lamanya.

Namun, meski begitu banyak review orang dan masih terus lebih memilih untuk menggunakan masker kain. Meski sudah mengetahui kekurangan dari produk tersebut. Karena memang sebenarnya masker kain tidak cukup ampuh dalam menyaring virus dan kuman.

Alasan-Alasan Masker Kain Kurang Efektif Melindungi

Terdapat beberapa alasan yang menjadi pengaruh masker kain kurang efektif dalam melindungi Anda dari penyebaran virus dan bakteri. Masker kain bukan menjadi salah satu dari alat medis dan belum memenuh standar medis.

Kain yang dipakai dalam pembuatan masker tidak memiliki kesamaan dengan bahan masker bedah atau medis. Selain itu, penggunaan kain pada masker tidak bisa membantu dalam mencegah masuknya virus ke dalam hidung atau mulut penggunanya.

Bahkan masker kain memiliki reskio tinggi dalam masuknya virus ke dalam tubuh. Ini karena masker lain lebih dengan mudah bergerak dan juga pemakaiannya dilakukan lebih dari satu kali. Bahkan menyentuh wajah Anda berkali-kali, sehingga tidak terjamin kehigienisannya.

Cara Penggunaan Masker Kain yang Tepat untuk Melindungi diri dari Virus

Meskipun masker kain kurang efektif dalam melindungi dari virus, namun ini bukan berarti masker kain tidak dapat dipakai sama sekali. Apalagi mengingat kelangkaan jumlah masker medis dan N95 di pasaran yang dinilai efektif mencegah masuknya bakteri dan virus ke dalam mulut serta hidung.

Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk dapat tetap menjaga keamanan dan juga keefektifan penggunaan masker kain. Seperti memilih masker yang ukurannya sesuai dengan wajah dan bisa menutup bagian mulut, hidung dan juga dagu penggunanya.

Cuci tangan ketika akan menggunakan masker, kemudiam tidak menyentuhnya ketika sedang digunakan. Setelah selesai penggunaannya, melepas masker dengan memuka tali pengikatnya. Lakukan penggantian kain masker jika kainnya telah rusak atau sobek.

Kegunaan Masker Kain

Masker kain memiliki beberapa macam kegunaan yang kerap kali dijadikan patokan oleh orang-orang zaman sekarang. Kegunaan itu antara lain adalah sebagai pelindung mulut dan hidung dari serangan debu, asap dan partikel lain yang ada di udara.

Masker kain menjadi sebuah masker non media yang terdiri dari dua lapis bagian dan digunakan sebagai penutup hidung dan mulut para penggunanya. Masker satu ini bisa dipakai beberapa kali setelah dicuci. Syarat pencuciannya adalah dalam suhu maskima; 40 derajat C dan disetika.

Penyetrikaannya juga harus menggunakan suhu yang tidak terlalu panas. Ini bertujuan untuk membunuh kuman dan virus belum mati ketika proses pencucian berlangsung. Karena suhu panas dapat menghancurkan virus dan partikel berbahaya.

Demikian pembahasan mengenai masker kain kali ini. Anda akan memperoleh banyak informasi mengenai topik tersebut. Semuanya adalah penjelasan penting mengenai cara-cara penggunaan masker kain yang tepat dan benar untuk menjaga diri dari serangan virus dan partikel berbahaya.

Posting Komentar untuk "Temukan Informasi Masker Kain di SehatQ.com"