Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sehat Memasak dengan Minyak Goreng

Minyak goreng bukanlah faktor utama yang memicu terjadinya penyakit kolesterol, karena bisa saja persentase pengunaannya yang kurang tepat, sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Berkaitan dengan itu, berikut ada beberapa cara menggunakan minyak goreng yang tepat agar tetap sehat dan aman.

Sesuaikan Minyak dengan Bahan Makanan yang Akan Diolah

Minyak goreng mayoritas berasal dari sumber nabati seperti kelapa sawit. Oleh sebab itu, jangan terlalu menyalahkan minyak ketika kolesterol pada tubuh Anda tiba-tiba meningkat drastis. Poin yang harus diperhatikan saat memasak adalah jenis bahan makanan apa yang akan digoreng dengan minyak.

minyak

Hindari menggoreng jeroan, daging sapi atau makanan lain yang memiliki kandungan kolesterol tinggi. Perpaduan minyak dan makanan tersebut menimbulkan lemak jahat dalam tubuh pemicu obesitas. Cara aman untuk menggoreng bisa menggunakan minyak kanola dengan kandungan lemak jenuh rendah.

Jangan Memanaskan Minyak Goreng dengan Suhu Terlalu Tinggi

Saat menggoreng sebaiknya harus memperhatikan temperatur minyak. Hindari memasukkan makanan saat minyak belum panas, karena makanan akan menyerap banyak minyak. Sedangkan jika minyak dalam kondisi terlalu panas, makanan mudah gosong padahal bagian dalamnya belum matang.

Jangan sering-sering menggunakan minyak terlalu banyak saat memasak, tujuannya agar senyawa yang terbentuk pada saat pemanasan tidak terlalu banyak. Senyawa tersebut berdampak buruk bagi kesehatan terutama bagi Anda penderita Kolesterol.

Setelah Menggoreng Makanan, Sebaiknya Tiriskan Terlebih Dahulu

Hindari memakan masakan yang baru saja diangkat dari penggorengan, karena kandungan minyaknya  masih terlalu tinggi. Oleh sebab itu, setelah menggoreng makanan sebaiknya tiriskan terlebih dahulu menggunakan kertas atau tisu agar dapat menyerap minyak pada makanan tersebut.

Batasi Jumlah Pemakaian Minyak

Demi menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit kolesterol, penting bagi Anda untuk mengetahui batasan dalam menggunakan minyak goreng. Minyak yang mengandung lemak memang pada dasarnya sangat dibutuhkan dalam tubuh, tapi sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi kesehatan.

25% kebutuhan nutrisi tubuh berasal dari lemak sehat yang bisa Anda konsumsi sebanyak 60-70 gr lemak. Berdasarkan pertimbangan tersebut, berarti dalam sehari dianjurkan untuk mengonsumsi minyak maksimal 5 sendok perhari.

Lima sdm per hari maksudnya bukan yang Anda pakai untuk memasak, tetapi minyak yang terserap pada makanan. Jadi, yang perlu diperhatikan adalah seberapa banyak konsumsi makanan berminyak dalam sehari. Batasi konsumsi makanan berminyak dengan kombinasi makanan sayur, buah dan lainnya.

Cari Alternatif Lain dalam Menggunakan Minyak Selain Menggoreng

Hindari banyak menggunakan minyak untuk menggoreng dengan metode deep fried, karena hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Alternatifnya, sering-seringlah menggunakan minyak untuk menumis, memanggang, dressing salad agar bahan makanan lebih sehat.

Hindari Memakai Minyak Bekas, Selalu Pakai Minyak Baru Saat Memasak

Hal penting yang harus diterapkan ibu di rumah saat memasak adalah menghindari pemanasan ulang pada minyak yang sudah digunakan sebelumnya. Minyak bekas kebanyakan kandungan zat nutrisinya sudah hilang dan rusak, oleh sebab itu tidak baik bagi kesehatan.

Penggunaan minyak idealnya hanya sekali dengan suhu dibawah 1200C, jika terlalu sering dipanaskan akan menyebabkan oksidasi. Hal tersebut akan membuat makanan cepat bau.

Sebaiknya, ganti minyak dengan yang baru jika sudah berubah warna coklat kehitaman, mengeluarkan bau tengik dan mengeluarkan asap berlebih saat mulai dipanaskan. Minyak yang mengeluarkan buih disekitar makanan juga sudah tidak baik digunakan kembali.

Simpan Minyak Pada Tempat dan Kondisi Baik

Jika Anda terbiasa membeli minyak kemasan plastik, jangan lupa untuk memindahkannya pada botol tertutup. Tempatkan pada posisi yang sejuk untuk menghindari kandungan dalam minyak rusak jika terlalu lama terkena panas.

Posting Komentar untuk "Cara Sehat Memasak dengan Minyak Goreng"